Indonesia Perkuat Kerja Sama Pendidikan Vokasional dengan TAFE NSW

By Admin

nusakini.com-- “Program online learning menjadi salah satu kerja sama yang potensial untuk dikembangkan dengan lembaga pendidikan Technical and Further Education (TAFE) New South Wales (NSW), Australia,” demikian disampaikan Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Amerika dan Pasifik, Gusnanto D. Surakusuma, yang memimpin Delegasi RI dalam kunjungan ke kampus TAFE NSW di Sydney pekan lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Delegasi RI diterima oleh Head of International Business, Graig Peden, Manager Offshore Programs Sydney Region, Claire Finch, dan Head Teacher Hospitality, Tony Filippi. Delegasi RI terdiri dari para pejabat terkait dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan Konsul Ekonomi KJRI Sydney. 

Dalam pertemuan dengan tersebut, Delegasi RI dan pihak TAFE NSW bertukar informasi mengenai sistem pendidikan dan pelatihan vokasional di masing-masing negara dan membahas berbagai peluang kerja sama antara TAFE NSW dengan pihak terkait dindonesia. 

Menurut Peden, para siswa lulusan TAFE NSW cepat terserap di dunia kerja dan industri kerja pun memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap para lulusan TAFE NSW. Pada kunjungan tersebut, Delegasi RI juga sempat melihat fasilitas kampus TAFE NSW untuk kejuruan bidang hospitality dan otomotif, dan menikmati jamuan makan siang di restoran kampus The Apprentice dengan hidangan yang disiapkan oleh para siswa TAFE NSW.

TAFE merupakan lembaga pendidikan kejuruan lanjutan dengan bidang-bidang keahlian, antara lain, hospitality, otomotif, konstruksi, teknologi informatika, kewirausahaan, fesyen, keperawatan, dengan sistem pendidikan dan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.​(p/ab)